Ada KOTAK MISTERIUS di Bookswap Festival Pembaca Indonesia 2015

Kotak Misteri

Buat kamu yang pernah—atau—selalu datang ke pestanya para pembaca Indonesia, Festival Pembaca Indonesia yang diselenggarakan oleh Goodreads Indonesia, pasti sudah akrab sama Tukar Buku Akbar GRI, kan? Nah, di Festival Pembaca Indonesia tahun 2015 ini, ajang tukar buku paling gokil itu bakal hadir lagi dengan gereget yang lebih keren, ramai, dan mengejutkan!

Apa pasal?

Selain bookswap reguler—dengan target buku modal di meja pajang sebanyak SERIBU BUKU, tak ketinggalan bakal ada “Tarung Demi Buku” alias Bookwar. Dalam bookwar masih berlaku sistem barter/swap tapi kamu harus rebutan dengan para penukar buku lain dalam waktu yang ditentukan oleh panitia (sesuai aba-aba). Kriteria buku yang boleh dipertukarkan dalam ajang bookswap maupun bookwar adalah sama, yaitu:

  1. SATU buku hanya bisa ditukar dengan SATU buku.
  2. Penukaran buku dilaksanakan sepanjang waktu sesuai penyelenggaraan festival.
  3. Buku yang sudah ditukar boleh ditukarkan dengan buku yang lain tanpa ada batasan frekuensi penukaran.
  4. Buku modal harus dalam keadaan BAIK dan layak untuk dibaca.
  5. Jenis buku yang boleh ditukarkan: NOVEL, NOVEL GRAFIS, KUMPULAN CERPEN, BUKU HOW TO, BUKU NON FIKSI – pengetahuan, MEMOAR/BIOGRAFI, BUKU COLORING yang belum diwarnai.
  6. Jenis buku yang tidak boleh ditukarkan: KOMIK, BUKU RESEP, BUKU PELAJARAN, BUKU TULIS, BUKU SAMPEL/BROSUR, MAJALAH.

Dan, tahun ini, bakal ada yang berbeda pada gelaran Tukar Buku Akbar GRI 2015  yakni dengan adanya tantangan “KOTAK MISTERI”.

Hah, KOTAK MISTERI? Apa itu?

KOTAK MISTERI”, seperti namanya, secara harfiah berupa kotak yang tertutup rapat berisi buku-buku pilihan berstatus langka, unik, baru—most wanted, ataupun buku yang pastinya sangat menarik. Cara ikut tantangannya cukup gampang: kamu ditantang untuk menukarkan minimal 5 (lima) buku dengan salah satu dari tiga kotak misteri pada jam-jam tertentu. Tak ada yang tahu ada buku apa dan berapa jumlah buku yang ada di dalam setiap kotak misteri. Yang jelas, dalam kotak misteri terdapat lebih dari satu buku. Dan, jika terdapat lebih dari satu penantang, akan dipilih penantang yang berani mempertaruhkan buku modal lebih banyak. Apabila masih terdapat dua atau lebih penantang dengan jumlah buku modal yang sama banyaknya, maka akan ditentukan dengan tambahan games seru dari panitia.

Kamu berani menerima tantangan ini? AYO… BUKTIKAN!

Leave a Reply