GRI Readathon Day 2015

readathon-logo-80083aa2a72383e21fc1ed57e8d879e8

 

Mungkin pembaca ada yang bertanya-tanya ketika membaca judul thread ini, apa itu Readathon Day?

Readathon berasal dari gabungan 2 kata, yaitu Read (membaca) dan Marathon (lomba lari jarak jauh). Jadi, Readathon adalah saat di mana kita harus membaca buku dalam jangka waktu tertentu, tanpa berhenti.

Dan di awal tahun ini, Goodreads.com bekerja sama dengan National Book Foundation, sebuah organisasi literasi di Amerika Serikat, untuk mengadakan Readathon pada tanggal 24 Januari 2015 nanti, mulai pukul 12 siang hingga pukul 4 sore waktu setempat. Postingan lengkap mengenai hal tersebut, bisa anda lihat pada link berikut.

Bagi Goodreaders yang pengen ikutan, langsung saja buka tautan berikut, dan pilih buku yang akan anda baca pada tanggal 24 Januari 2015. Selanjutnya, Goodreads akan secara otomatis membuat sebuah shelf bernama “readathon-day-2015”, dan memasukkan buku yang anda akan baca ke dalam shelf tersebut. Anda pun bisa menambahkan buku-buku lain ke dalamnya, jika anda ingin membaca lebih dari 1 buku.

Sayangnya, event tersebut hanyalah event berskala nasional, yang tidak bisa dilakukan serentak di seluruh dunia karena perbedaan waktu antara berbagai negara di dunia.

Tapi Goodreaders jangan kecewa, karena Goodreads Indonesia memutuskan untuk mengadaptasi Readathon Day tersebut menjadi GRI Readathon Day 2015.

Bagaimana caranya biar bisa ikutan?

1. Pilih buku yang ingin anda baca pada hari Sabtu, tanggal 24 Januar1 2015, pukul 12:00 hingga 16:00 Waktu Indonesia Barat (WIB)

2. Masukkan buku yang ingin anda baca tersebut ke dalam shelf “readathon-day-2015”, seperti yang dijelaskan di link berikut. Atau anda bisa juga membuat shelf tersebut secara manual.

3. Sebutkan buku yang ingin anda baca tersebut di thread ini. Jumlah buku bebas.

Contoh : “Saya membaca The Rainmaker – John Grisham”

4. Baca buku atau buku-buku tersebut pada waktu yang telah disebutkan di atas.

5. Setelah lewat pukul 16:00 WIB, berhentilah membaca buku tersebut, dan langsung update atau edit komentar kamu di thread ini dengan tambahan jumlah halaman yang berhasil kamu baca dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Tak masalah buku itu berhasil kamu selesaikan atau tidak.

Contoh : “Saya membaca The Rainmaker – John Grisham (271 halaman)”

6. Setelah itu, kirimkan tweet yang serupa dengan komentar di atas dengan mention @bacaituseruplus hashtag #timetoread.

Contoh : “Saya berhasil membaca 271 halaman buku The Rainmaker karya John Grisham @bacaituseru #timetoread”

Kalau ada yang kurang jelas, silakan tanya-tanya di sini. Let’s have fun this saturday … 🙂

Leave a Reply